EXPLORING FACTORS OF SPEAKING ANXIETY ON EFL STUDENTS

  • Cesar Mayang Sari Mayang Sari Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
Keywords: Eksplorasi, Kecemasan, dan Faktor-faktor kecemasan berbicara

Abstract

Kecemasan adalah reaksi alami yang terjadi ketika seseorang merasakan ada sesuatu yang mengancam. Kecemasan dapat muncul ketika seseorang berada dalam situasi dimana siswa merasa khawatir, gugup, takut, atau was-was, yang dapat menyebabkan siswa putus asa. Telah menjadi jelas bahwa kecemasan adalah faktor paling signifikan yang mempengaruhi penolakan siswa untuk berbicara bahasa Inggris di kelas. Penelitian ini dilakukan di Semester delapan Jurusan Bahasa Inggris. Untuk mengetahui hasil tersebut, peneliti menggunakan wawancara mendalam dan observasi video sebagai instrumen untuk mengumpulkan data. Subjek dalam penelitian ini adalah lima siswa. Temuan menunjukkan siswa dipengaruhi oleh hambatan pelajar dan hambatan bahasa. Dengan kata lain, siswa memiliki faktor kecemasan yang berbeda dalam keterampilan berbicara bahasa Inggris. Ada sepuluh faktor kecemasan dalam berbicara yang menyebabkan siswa enggan dan cemas untuk berbicara bahasa Inggris di kelas dan presentasi, yaitu kendala bahasa, kurang percaya diri, penghambatan pembelajar, kurangnya kosakata yang tepat, keterampilan mendengarkan yang tidak tepat, penggunaan bahasa ibu yang berlebihan, kurangnya komunikasi nonverbal, sikap negatif, komunikasi antar budaya akhirnya kecemasan tentang kurangnya pemahaman materi pelajaran. Selanjutnya, lima faktor yang ditemukan dalam video observasi adalah kurangnya materi pelajaran, hambatan pembelajar, hambatan bahasa, kurangnya kosakata, dan faktor penggunaan bahasa ibu yang berlebihan.

References

Al Hosni, S. (2014). Speaking Difficulties Encountered by Young EFL Learners. International Journal on Studies in English Language and Literature (IJSELL), 2(6), 22–30. https://www.researchgate.net/publication/270340628_Speaking_Difficulties_Encountered_by_Young_EFL_Learners.
Creswell. (2003). Creswell, J.W. (2003). Chapter One, “A Framework for Design.” Research Design Qualitative Quantitative and Mixed Methods Approaches. https://doi.org/10.3109/08941939.2012.723954.
Diao, Z., & Shamala, P. (2013). Anxiety Of Speaking English In Class Among International Students In A Malaysian University. International Journal of Education and Research, 1(11), 1–16. www.ijern.com.
Gardner, R. M., & Brown, D. L. (2013). A Test of Contemporary Misconceptions in Psychology. Learning and Individual Differences. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2012.12.008.
Hammad, E. A., & Abu Ghali, E. M. (2015). Speaking Anxiety Level of Gaza EFL Pre-service Teachers: Reasons and Sources. World Journal of English Language, 5(3), 53–64. https://doi.org/10.5430/wjel.v5n3p52.
Javed, M., Eng, L. S., Mohamed, A. R., & Sam, R. (2013). Comparative Study of The Pakistani and Indonesian Student’s Anxiety Towards The English Language Learning. Middle East Journal of Scientific Research, 18(11), 1563–1572. https://doi.org/10.5829/idosi.mejsr.2013.18.11.12456
Latha, B. M. (2012). Teaching English as A Second Language: Factors Affecting Learning Speaking Skills. International Journal of Engineering Research and Technology (IJERT), 1(7), 1–6. www.ijert.org
Leong, L.-M., & Ahmadi, S. M. (2017). An Analysis of Factors Influencing Learners’ English Speaking Skill. International Journal of Research in English Education, 2(1), 34–41. https://doi.org/10.18869/acadpub.ijree.2.1.34
Mohammed, S. I. (2014). Exploring factors that inhibit EFL learners from speaking English effectively : a case study of Libyan students [University of Malta]. https://www.um.edu.mt/library/oar/handle/123456789/2748
Mohtasham, L., & Farnia, M. (2017). English Speaking Anxiety: A Study of the Effect of Gender on Iranian EFL University Students’ Perceptions. International Journal of Research in English Education, 2(4), 66–79. https://doi.org/10.29252/ijree.2.4.66
Mulyono, H. (2019). An Investigation of Factors Contributing to Foreign Language Speaking Anxiety among International Students in Indonesian Universities. Register Journal, 12(1), 13. https://doi.org/10.18326/rgt.v12i1.13-27
Norris, J. M., & Ortega, L. (2009). Towards an Organic Approach to Investigating CAF in Instructed SLA: The Case of Complexity. Applied Linguistics, 30(4), 555–578. https://doi.org/10.1093/applin/amp044
Sadighi, F., & Dastpak, M. (2017). The Sources of Foreign Language Speaking Anxiety of Iranian English Language Learners. International Journal of Education and Literacy Studies, 5(4), 111. https://doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.5n.4p.111
Sarstedt, M., Bengart, P., Shaltoni, A. M., & Lehmann, S. (2018). The use of sampling methods in advertising research: a gap between theory and practice. International Journal of Advertising, 37(4), 650–663. https://doi.org/10.1080/02650487.2017.1348329
Wisdom, J., & Creswell, J. W. (2013). Integrating Quantitative and Qualitative Data Collection and Analysis While Studying Patient-Centered Medical Home Models. Agency for Healthcare Reseach and Quality. https://doi.org/No. 13-0028-EF
Published
2021-10-05