Penerapan Metode Student Team Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 7.3 SMP Negeri 6 Malang

  • E.Reni Adi Widiastuti Pharmacy Academy of Surabaya
Keywords: Motivasi Belajar Biologi, Hasil Belajar Biologi, Metode Student Team Achievement Divisions

Abstract

ABSTRAK Minimnya kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan secara kooperatif menimbulkan permasalahan di kelas 7.3 SMP Negeri 6 Malang, yaitu  motivasi dan hasil belajar siswa masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan temuan tersebut, perlu ditingkatkan motivasi dan hasil belajar KD 7.3 yang memprediksi pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan dengan metode pembelajaran kooperatif terutama metode Student Team Achievement Divisions (STAD) di kelas 7.3 SMPN 6 Kota Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian, yaitu pendekatan kualitatif. Jenis penelitian, yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain PTK terdiri atas empat komponen, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. PTK dilaksanakan dengan dua siklus. Penelitian dilaksanakan di kelas 7.3 SMP Negeri 6 Malang pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Subyek penelitian sebanyak 40 siswa. Data diperoleh dari lembar observasi motivasi belajar siswa, lembar penilaian ulangan harian, dan lembar penilaian afektif. Sumber data, yaitu siswa, pengamat, dan peneliti. ­Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif.  Tahap-tahap kegiatan analisis data, yaitu mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran STAD dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, yaitu pada siklus I meningkat sebesar 20% dibandingkan dengan motivasi awal siswa dan pada siklus II motivasi siswa meningkat sebesar 5% dibandingkan dengan siklus I. Hasil belajar kognitif siswa pada siklus I meningkat sebesar 18,88% dan pada siklus II meningkat sebesar 26,63%. Hasil belajar afektif pada siklus I meningkat sebesar 18,24% dan pada siklus II adalah meningkat sebesar 34,06%.

References

Hadi, Nur. 2007. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. http://muhlis.files.wordpress.com. Diakses pada tanggal 10 Maret 2011.

Ibrahim, H. Muslimin. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Slavin, R. 1995. Cooperative Learning Theory, Research and Practice. Amerika: Simon & Schuster Company.

Susilo, Herawati, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Sarana. Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang: Bayumedia Publishing.

Published
2017-05-15
Section
Articles