Peningkatan Kemampuan Menyusun Teks Deskripsi dengan Mumed untuk Peserta Didik Kelas VII-G Smp Negeri 1 Buduran Tahun Pelajaran 2015-2016

  • Suci ati Pharmacy Academy of Surabaya

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengungkapkan peningkatan kemampuan menyusun teks deskripsi dengan  Mumed untuk peserta didik kelas VII-G SMP Negeri 1 Buduran tahun pelajaran 2015/2016. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, disimpulkan bahwa kemampuan menulis deskripsi peserta didik kelas VII-G SMP Negeri 1 Buduran dapat ditingkatkan dengan media Mumed. Pelaksanaan pembelajaran menyusun teks deskripsi dengan media multimedia peserta didik kelas VII-G SMP Negeri 1 Buduran, Sidoarjo, dilaksanakan melalui prasiklus, siklus I, dan siklus II dengan hasil rata-rata per siklus 63,36; 74,18  dan 81,68.Kata kunci: Mumed, menulis deskripsi, PTKABSTRACTThe objectives of this study are to reveal the enhancement of the abilityto compile text description with mumed for students of class VII-G SMP Negeri1 Buduran year 2015/2016. Based on the results of study and discussion, it isconcluded that the ability to write the description of students class VII-G SMPNegeri 1 Buduran can be improved with Mumed media. Implementation of learningcompose text description with multimedia media of class VII-G students of SMPNegeri 1 Buduran, Sidoarjo, implemented through prasiklus, cycle I, and cycle IIwith average result each cycle 63,36; 74.18 and 81.68.Keywords: Mumed, writing description, PTK

References

Nurudin. 2010. Dasar-dasar Penulisan. Malang: UMM Press.

Rosidi Imron. 2009. Menulis siapa takut. Yogyakarta. Kanisius

Saifuddin. 2014. Pengelolaan pembelajaran teoritis dan praktis. Yogyakarta. Deepublish

Susilana R dan Riyana C.2009. media pembelajaran. Bandung. Wacana prima

Tim Antologi Pusat Kajian Filsafat dan Teologi. 2014. Verba Littera Menyelam dalam belukar Aksara.

Yogyakarta. Garudhawaca

Tim MGMP Bahasa Indonesia Sidoarjo. 2015. Kumpulan Lembar Kerja Siswa Bahasa dan Sastra

Indonesia VII. Sidoarjo. Mydha Surabaya

Published
2017-05-15
Section
Articles